Perbandingan Antara Plafon PVC atau Tripleks ?

  • Post author:
  • Post category:Artikel

Untuk anda yang sedang membuat rencana untuk perbaikan langit – langit dan atap rumah anda pada saat telah terjadi kebocoran ketika hujan datang, maka anda juga harus mengetahui dan memperhatikan jenis bahan plafon apa yang akan anda gunakan untuk rumah anda. Sebab apabila sudah terjadi kebocoran, maka bahan plafon rumah anda tentu akan rusak karena resapan air. Guna untuk menghemat daya, sebenarnya anda dapat memakai asbes dengan fungsi sekaligus dua, yaitu untuk atap dan juga untuk plafon yang nantinya akan sangat sulit untuk tembus oleh air, terkecuali apabila telah terjadi pecah atau retakan pada plafon tersebut.

Namun, ada baiknya jika anda menghindari pemakaian asbes, sebab ternyata asbes sangat beresiko untuk kesehatan si penghuni rumah. Dalam memilih bahan untuk pafon rumah, ada baiknya jika memilih bahan – bahan plafon yang baik dan berkualitas kuat. Sejumlah jenis plafon dapat anda pertimbangkan, di mulai dari plafon yang terbuat dari bahan tripleks saja sampai dengan plafon dengan bahan PVC. Apa perbedaan dari tripleks dan PVC ? dan apa yang harus dipertimbangkan dari kedua bahan tersebut ?

PLAFON BERBAHAN TRIPLEKS

Plafon yang pertama ialah plafon dengan bahan tripleks. Plafon dengan bahan tripleks ini mempunyai harga yang cukup terjangkau dengan sejumlah macam atau jenis ketebalan. Ketebalan yang cocok untuk plafon umumnya berkisar 4 sampai 5 mm. akan tetapi karena harga kayu telah tidak rasional, konsumen dipaksa untuk membeli ketebalan 2,5 mm sampai dengan 3 mm. pemasangan plafon ini juga jauh lebih mudah sebab anda tidak membutuhkan ahli khusus.

Pemasangan plafon ini bisa dipasnagkan lembaran tanpa harus di potong – potong terlebih dahulu ataupun bisa di bagi lagi menjadi beberapa bagian agar jauh lebih mudah dalam pemasangan dan penataannya. Sebab bahan yang digunakan cukup ringan memudahkan pemakaian dalam proses perbaikan jika sudah terjadi kerusahan untuk menggantinya.

Kekurangan dan kelemahan plafon ini sangat mudah hancur jika terkena air atau mudah dimakan rayap. Dan pada umumnya agar jauh lebih indah di butuhkan finishing dengan wallpaper atau cat kayu. Plafon dengan bahan tripleks jika sudah terkena air akibat bocor, langsung ternoda dan sulit untuk di emulsi cat tembok agar kembali terlihat indah seperti semula. Apabila sudah terkena noda umumnya di perbaiki dengan cat minyak, setelah itu di timpa dengan cat tembok.

PLAFON BERBAHAN PVC

Selanjutnya ialah plafon dengan bahan PVC, plafon ini terbuat dari Plastik poly vinyl chloride, plafon berbahan PVC ini tahan dengan air dan juga rayap, sehingga bisa di pasangkan atau aplikasian pada area indoor maupun area outdoor. Teknik dari pemasangan juga sangat mudah yakni dengan sistem knockdown.

Plafon berbahan PVC ini umumnya telah dengan proses finishing warna dan juga motif sehingga tidak perlu tambahan biaya cat dan pekerjaan. Akan tetapi harga memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan tripleks atau gypsum sebab mutu dan kualitasnya yang jauh lebih baik. Sesungguhnya terdapat bahan lain yang juga telah banyak di pakai oleh orang, seperti misalnya plafon asbes dan juga plafon dengan bahan semen. Namun kebanyakan orang telah memilih paket plafon yang jauh lebih aman serta memperindah ruangan seperti yang dapat ditemukan apabila anda memakai plafon berbahan PVC.