024-8312098 / 082136539999 tanyashundaplafon@gmail.com
17 hal menarik mengenai Plafon PVC yang penting untuk anda ketahui!

17 hal menarik mengenai Plafon PVC yang penting untuk anda ketahui!

Belakangan ini, plafon menjadi salah satu pelengkap interior rumah yang sangat fungsional. Sebelumnya plafon hanya digunakan pada gedung-gedung mewah, hotel, restoran dan apartmen, namun kini plafon dapat dijumpai di hampir setiap hunian. Salah satu jenis plafon yang kerap digunakan pada langit-langit ruangan rumah adalah jenis PVC.

Polivynil Chloride disingkat PVC sebelumnya lebih dikenal sebagai sejenis polimer yang dijadikan bahan pembuat pipa air. Kini pemanfaatannya kian meluas salah satunya sebagai material plafon rumah.

Secara singkat plafon atau biasa dikenal dengan eternit didefinisikan sebagai langit-langit rumah yakni batas antara ruang di bawah atap dengan dinding. Ketinggian batas sangat bervariasi. Pada rumah tinggal biasanya ketinggian berkisar 2,80 – 3,80 m.

Jika anda merasa tertarik melihat desainnya atau sekedar mengetahui lebih lanjut mengenai plavon pvc, harganya, kelebihan dan kekurangannya, kali ini homify akan mengulasnya secara tuntas!

​Kelebihan Plafon PVC

Tentunya ada keistimewaan khusus dari material satu ini sehingga penggunaanya kian marak dan menjadi pilihan lebih trendi diantara material pesaingnya seperti gypsum, triplek atau fiber semen. Beberapa keunggulan dari plafon PVC diantaranya:

1.    Anti air dan anti rayap

Salah satu keunggulan plafon PVC adalah ketahanannya terhadap air hingga Anda tak perlu kuatir atap akan bocor. Demikian juga ketahanannya terhadap serangga rayap yang jauh berbeda dengan jenis plafon yang terbuat dari bahan sejenis triplek atau gypsum. Ini disebabkan karena plafon PVC memiliki pori-pori yang sangat rapat. Cara membersihkannya juga mudah cukup menggunakan sapu atau kain bersih.

2.    Tahan pecah dan tahan api

Kelebihan lain mengapa material ini menjadi favorit adalah karena bahannya yang kuat dan tidak mudah pecah terutama dengan ketebalan tertentu. Plafon PVC tidak mudah hancur oleh air, panas api, dan kelembaban tinggi. Plafon PVC memiliki lapisan berbahan polimer yang membuatnya anti api. Bahan ini membuat plafon sulit terbakar dan tidak merambatkan api ketika terjadi kebakaran. Begitu juga saat berada tepat di bawah sinar matahari dalam waktu cukup lama. Plafon PVC cocok dipasang dalam ruangan indoor maupun outdoor.

3.    Mudah Pemasangan, perawatan dan mudah dibentuk

Materialnya yang ringan, sederhana dan awet membuatnya mudah dipasang dan dibentuk. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pemasangan kerangka plafon ataupun untuk biaya tenaga kerja. Demikian juga dengan perawatannya. Salah satu kelebihan lain plafon ini adalah mudah dipasang dalam berbagai bentuk termasuk bentuk lengkung sekalipun.

4.    Warna & bentuk variatif

Keunggulan berikutnya dari plafon ini adalah warna dan motif yang variatif di bagian luar. Anda tak perlu merogoh kocek ekstra untuk melakukan pengecatan. Selanjutnya, Anda tinggal memilih jenis plafon PVC yang sesuai dengan desain rumah hingga menjadi perpaduan yang indah. Tips paling mudah adalah dengan menyamakan warna plafon PVC Anda dengan dinding rumah. Misalkan untuk menampilkan suasana tenang dan tak banyak cahaya, pilihlah plafon PVC berwarna gelap. Tapi bila rumah Anda banyak memantulkan cahaya, kaca atau ruangan terbuka, plafon PVC dengan efek glossy dan doff menjadi alternatif menarik. Anda dapat menutupi jendela dengan tirai dan gordyn. Untuk Anda yang enerjik, warna-warna neon seperti kuning, jingga dan hijau sangat cocok untuk diaplikasikan. Sementara untuk Anda yang stylish, Plafon PVC dengan corak kayu atau garis-garis dapat menjadi alternatif pilihan.

5.    Awet

Disamping lentur dan ringan, plafon PVC memiliki kelebihan lainnya yakni mampu bertahan selama puluhan tahun. Keawetan ini disebabkan oleh kandungan Polymer Isosianat yang membuatnya tidak akan terurai dan lapuk.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
×
×

Cart

WhatsApp us